Web Based Lesson : TRIGONOMETRI
C. Indikator
Siswa dapat :
Apersepsi
Sebelum mempelajari materi trigonometri, sebaiknya siswa mengetahui akan pentingnya pembelajaran trigonometri ini salah satunya adalah mengukur tinggi gedung atau bangunan
Eksplorasi
4. Guru menyampaikan materi pembelajaran yaitu menentukan perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku
Elaborasi
5. Siswa secara berkelompok menyelesaikan latihan soal pada modul di atas.
6. Perwakilan kelompok mempresentasikan jawaban yang diperoleh di depan kelas.
Konfirmasi
7. Guru memberikan soal-soal kepada siswa. Siswa mengerjakan soal yang diberikan dan memberi kesimpulan atas pelajaran yang telah dipelajari.
Di samping materi di atas siswa juga dapat mempelajari pembelajaran trigonometri ini menggunakan presentasi powerpoint berikut ini berikut latihan soalnya.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan :
SMA
Kelas/Semester : X/2
Mata Pelajaran :
Matematika-Wajib
Topik :
Trigonometri
Waktu : 2 × 45 menit
A. Kompetensi Inti
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
2.1 Memiliki
motivasi internal, kemampuan bekerja sama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam
memilih dan menerapkan strategi penyelesaian masalah.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.14 Mendeskripsikan konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku melalui
penyelidikan dan diskusi tentang hubungan perbandingan sisi-sisi yang
bersesuaian dalam beberapa segitiga siku-siku sebangun.
4.14 Menerapkan
perbandingan trigonometri dalam penyelesaian masalah.
C. Indikator
Siswa dapat :
1. Terlibat
aktif dalam pembelajaran trigonometri.
2. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
3. Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4. Menjelaskan
pengertian perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
5. Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan perbandingan
trigonometri.
D. Materi dan Kegiatan PembelajaranApersepsi
1.
Guru menunjuk
salah satu siswa untuk mempimpin doa kemudian mengabsen
siswa dan menanyakan keadaan kesehatan siswa.
2. Guru memberikan
gambaran tentang pentingnya memahami Trigonometri dan memberikan gambaran
tentang aplikasi Trigonometri dalam kehidupan sehari-hari.
Sebelum mempelajari materi trigonometri, sebaiknya siswa mengetahui akan pentingnya pembelajaran trigonometri ini salah satunya adalah mengukur tinggi gedung atau bangunan
3.
Guru
memperkenalkan satuan ukuran sudut yaitu radian dan derajat
Eksplorasi
4. Guru menyampaikan materi pembelajaran yaitu menentukan perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku
Elaborasi
5. Siswa secara berkelompok menyelesaikan latihan soal pada modul di atas.
6. Perwakilan kelompok mempresentasikan jawaban yang diperoleh di depan kelas.
Konfirmasi
7. Guru memberikan soal-soal kepada siswa. Siswa mengerjakan soal yang diberikan dan memberi kesimpulan atas pelajaran yang telah dipelajari.
Di samping materi di atas siswa juga dapat mempelajari pembelajaran trigonometri ini menggunakan presentasi powerpoint berikut ini berikut latihan soalnya.
No comments:
Post a Comment
Terima kasih atas komentar anda