10 October 2013

Download Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas X

Mengenai materi ajar Matematika di kelas X ada perbedaan antara Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan Kurikulum 2013 ini. Dari materi tersebut untuk kurikulum 2013 materi yang akan dipelajari oleh siswa lebih banyak dibandingkan dengan KTSP yaitu secara keseluruhan ada 12 materi pokok. Sementara di KTSP hanya 6 pokok bahasan yaitu 1. Pangkat, akar, dan logaritma. 2. Fungsi kuadrat dan pertidaksamaan kuadrat. 3. Persamaan dan pertidaksamaan Linear. 4. Logika Matematika. 5. Trigonometri. 6. Demensi Tiga.

Adapun materi pokok matematika di kelas X untuk kurikulum 2013 adalah : 1. Eksponen dan Logaritma. 2. Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. 3. Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan linear. 4. Matriks. 5. Relasi dan Fungsi. 6. Barisan dan Deret. 7. Persamaan dan Fungsi Kuadrat. 8. Trigonometri. 9. Geometri. 10. Limit Fungsi. 11. Statistika. 12. Peluang.



Jika kita lihat dari masing-masing materi pokok tersebut ternyata ada materi-materi yang di KTSP dipelajari di kelas X yaitu Limit Fungsi, Statistika, dan Peluang. Dan ada juga materi-materi yang baru dipelajari di kelas XII yaitu Matriks serta Barisan dan Deret.

Kemudian hasil yang diharapkan dari proses pembelajaran pada kurikulum 2013 yang ditekankan adalah pengalaman belajar yang dialami oleh siswa. Sehingga hasil belajar yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran siswa antara lain :
  • Produk : Konsep dan prinsip-prinsip yang terkait dengan materi pokok
  • Proses : Apersepsi budaya, interaksi sosial dalam penyelesaian masalah, memodelkan masalah secara matematika, merencanakan penyelesaian masalah, menyajikan hasil kerja dan menganalisis serta mengevaluasi kembali hasil penyelesaian masalah.
  • Kognitif : Kemampuan matematisasi, kemampuan abstraksi, pola pikir deduktif, berpikir tingkat tinggi (berpikir kritis, dan berpikir kreatif).
  • Psikomotor : Keterampilan menyelesaikan masalah, ketrampilan berkolaborasi, kemampuan berkomunikasi.
  • Afektif : Menghargai budaya, penerimaan individu atas perbedaan yang ada, bekerjasama, tangguh menghadapi masalah, jujur mengungkapkan pendapat dan senang belajar matematika.
Untuk lebih lengkap mengenai materi matematika kelas X ini anda dapat download buku pegangan guru dan siswa.
  1. Download buku pedoman guru
  2. Download buku siswa

3 comments:

  1. penjelasan yang bagus membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran

    ReplyDelete
  2. Informasi yang sangat bermanfaat, salam. Kami juga menyediakan buku Matematika Kurikulum 2013, kunjungi bukupelajarankurikulum2013.blogspot.com. Hub. P Heri di 081227992609

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentar anda