01 October 2013

Pembelajaran Program Linear Dengan Aplikasi GeoGebra

Materi Program Linear merupakan salah satu materi pembelajaran Matematika yang diajarkan pada kelas XII SMA/MA baik IPA maupun IPS. Secara umum materi ini bukanlah materi yang sulit bagi siswa karena materinya cukup sederhana dan tidak kompleks karena dasar dari materi program linear ini adalah sistem persamaan linear. Secara lengkap materi program linear dapat anda download di sini.

Namun bagi guru dalam penyampaian materi program linear ini cukup merepotkan karena untuk menjelaskan materi tersebut menyita waktu yang banyak dalam menggambar grafik dalam menentukan nilai optimum dari fungsi kendalanya. Kesulitan lain juga misalnya dalam permasalahan soal yang terlalu panjang sehingga dalam menentukan model matematikanya juga cukup sulit.



Oleh karena itu sebagai guru matematika, saya mencoba membuat pembelajaran dalam bentuk tutorial dengan aplikasi GeoGebra untuk mempermudah dalam menjelaskan materi program linear ini. Tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi GeoGebra dapat anda lihat di sini.

Adapun tutorial tentang pembelajaran Program Linear dengan GeoGebra dapat anda lihat berikut ini:


Dan menjelaskan materi pembelajarannya saya sampaikan dengan presentasi dalam bentuk powerpoint seperti berikut ini:


Apa yang saya sajikan di atas tentu saja sangat jauh dari sempurna, harapan saya masukan dan saran dari pengunjung blog ini sangat saya harapkan demi perbaikan cara-cara mengajar di masa-masa yang akan datang. Terima kasih....

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar anda