01 January 2014

Membuat Bahan Ajar Berbentuk Komik

Siapa sih yang tidak tahu dengan komik..?? Pasti mulai dari anak-anak yang masih balita hingga orang tua kenal dengan yang namanya komik. Komik adalah sebuah cerita yang dikemas dalam bentuk gambar sehingga menarik bagi pembacanya. Dan terbukti tidak sedikit dari kita yang akan merasa dengan mudah menceritakan sebuah alur cerita yang ada dalam komik dibandingkan dengan alur cerita sebuah novel.

Oleh sebab itu seorang guru ada baiknya membuat model pembelajaran dalam bentuk komik seperti contoh dibawah ini.
Persamaan Kuadrat


Untuk membuat sebuah komik seperti di atas apakah susah..?? Ternyata untuk membuat sebuah model komik tidaklah sulit dan bisa dibuat oleh siapapun.Nah, dalam kesempatan ini saya mencoba menguraikan tentang bagaimana cara membuat komik sebagai media pembelajaran. Kita tidak perlu ahli dalam menggambar karena sudah tersedia semua. Tinggal klik, klik, dan klik saja.

Bagaimana caranya, mula-mula mendaftar di ToonDoo caranya buka http://www.toondoo.com/

1

Ada banyak website penyedia jasa layanan komik online, tapi kali ini saya rekomendasikan toondo.com yang lebih mudah dan gratis. Selanjutnya kita daftar dulu. Klik tombol “Sign Up for Free” yang ada di pojok kanan atas.

2

Jika sudah, maka kita akan dihadapkan jendela seperti di bawah ini.

3

Dan sebagai pemula saya sarankan pilih yang free dulu. Kemudian  klik “Sign UP for ToonDo”.

4

Isilah form di atas… jika sudah terisi maka silahkan cek email. Ikuti perintah yang ada di email. Jika sudah, maka silahkan login. Jika sudah berhasil maka tampilannya adalah sebagai berikut. Ada nama kita disana.

5

Dan selanjutnya kita sudah bisa membuat komik sendiri, mudah bukan..?? Selamat berkreasi....

3 comments:

Terima kasih atas komentar anda