Based Lesson

Web Based Lesson : TRIGONOMETRI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X/2
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib
Topik : Trigonometri
Waktu : 2 × 45 menit

A. Kompetensi Inti
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya  
  2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.  
  4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar

2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerja sama, konsisten, sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi penyelesaian masalah.         
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
 3.14 Mendeskripsikan konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku melalui penyelidikan dan diskusi tentang hubungan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa segitiga siku-siku sebangun.
4.14 Menerapkan perbandingan trigonometri dalam penyelesaian masalah.

C. Indikator
   Siswa dapat :

1.    Terlibat aktif dalam pembelajaran trigonometri.
2.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.    Menjelaskan  pengertian perbandingan  trigonometri pada segitiga siku-siku.
5.    Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri.
 D. Materi dan Kegiatan Pembelajaran

Apersepsi

1.      Guru menunjuk salah satu siswa untuk mempimpin doa kemudian mengabsen siswa dan menanyakan keadaan kesehatan siswa.
2.     Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami Trigonometri dan memberikan gambaran tentang aplikasi Trigonometri dalam kehidupan sehari-hari.

   

Sebelum mempelajari materi trigonometri, sebaiknya siswa mengetahui akan pentingnya pembelajaran trigonometri ini salah satunya adalah  mengukur tinggi gedung atau bangunan
3.      Guru memperkenalkan satuan ukuran sudut yaitu radian dan derajat


Eksplorasi

4. Guru menyampaikan materi pembelajaran yaitu menentukan perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku


Elaborasi

5. Siswa secara berkelompok menyelesaikan latihan soal pada modul di atas.
6. Perwakilan kelompok mempresentasikan jawaban yang diperoleh di depan kelas.

Konfirmasi

7. Guru memberikan soal-soal kepada siswa. Siswa mengerjakan soal yang diberikan dan memberi kesimpulan atas pelajaran yang telah dipelajari.

Di samping materi di atas siswa juga dapat mempelajari pembelajaran trigonometri ini menggunakan presentasi powerpoint berikut ini berikut latihan soalnya.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar anda