24 October 2013

Materi Pembelajaran Integral

Integral merupakan materi pembelajaran Matematika yang merupakan bagian dari kalkulus. Materi ini dipelajari oleh siswa SMA di kelas XII baik jurusan IPA, IPS, maupun Bahasa. Integral berkaitan erat dengan konsep-konsep aljabar maupun trigonometri. Karena dalam materi ini erat kaitannya dengan konsep tersebut yaitu integral aljabar dan integral trigonometri.

Untuk apa belajar integral, mari kita lihat ilustrasi berikut ini. Jika anda akan menghitung bangun datar seperti segitiga, segiempat, lingkaran dan sebagainya tentu anda dengan mudah menghitungnya karena ada rumusnya. Begitu bentuk bangun ruang seperti kubus, limas, bola dan lain sebagainya. Namun jika anda diminta menghitung luasan ataupun volume bentuk bangun yang bentuknya tidak beraturan tentu anda akan kesulitan mencarinya. Maka dengan integral ini anda dapat menentukan luas maupun volumenya.



Pengertian Integral

integral6

Integral Tak Tentu

integral2integral3integral4

Integral Tentu

integral5
Selain hal tersebut ada beberapa materi pembelajaran yang perlu anda ketahui lebih lanjut yaitu tentang teknik pengintegralan serta penggunaan integral yaitu menentukan luas dan volume benda putar. Jika anda menghendaki materi lebih lengkap mengenai materi integral ini anda bisa lihat berikut ini

2 comments:

Terima kasih atas komentar anda