19 January 2014

Rekrutmen Instruktur Nasional Kurikulum 2013

Persiapan menjelang implementasi kurikulum 2013 di tahun pelajaran 2014/2015 salah satunya adalah pelatihan guru. Sebelum pelatihan guru dilaksanakan, terlebih dahulu akan dilaksanakan pelatihan bagi Instruktur Nasional.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan, dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK PMP) Kemdikbud, Syawal Gultom, mengatakan, ada perbedaan dari proses rekrutmen instruktur nasional tahun ini dibanding tahun sebelumnya.

“Bedanya, calon instruktur nasional dulu dipilih dari 6000 sekolah pilihan, sekarang, calon instruktur nasional dipilih dari 270 ribu sekolah,” kata Syawal, di Jakarta, Jumat (17/01/2014).


Syawal mengatakan, pola rekrutmen instruktur nasional dibuka seluas-luasnya, secara offline dan online. Calon instruktur nasional, tambahnya, harus memenuhi syarat administrasi terlebih dahulu. Salah satu syarat penting adalah pengalaman dalam melatih dan adanya prestasi-prestasi yang telah diraih oleh calon instruktur nasional tersebut.

Dalam proses rekrutmen kali ini, Kemdikbud menetapkan standar yang cukup tinggi dalam penilaian. “Kita berani menetapkan nilai 70 sebagai standar, karena sumbernya banyak,” jelasnya.

Syawal menambahkan, selain rekrutmen, strategi dalam pelatihan instruktur nasional kali ini juga dibenahi dengan memperbanyak soal model dan simulasi.

Instruktur nasional akan dilatih oleh para nara sumber. Nara sumber tersebut terdiri dari komponen guru, dosen, widyaiswara, tim pengembang kurikulum. “Yang jelas nara sumber ini adalah orang-orang yang sudah paham betul dengan kurikulum 2013,” katanya.

Sebelum pelatihan Instruktur Nasional dimulai, Kemdikbud terlebih dahulu melakukan seleksi terhadap guru-guru yang menjadi calon Instruktur Nasional. Mereka terdiri dari guru-guru terbaik dan berprestasi, serta mampu memberikan pelatihan dengan baik. Seleksi Instruktur Nasional dilakukan secara online maupun offline (manual).

Syawal menjelaskan, pendaftaran Instruktur Nasional dibuka sejak 1 Januari hingga 26 Januari 2014. Saat ini sudah ada sekitar 27.000 guru yang mendaftar sebagai Instruktur Nasional.

“Ini direkrut secara terbuka. Seluruh yayasan pendidikan juga berhak mengajukan guru-gurunya yang terbaik,” ujarnya.

Selanjutnya, pada tanggal 26 hingga 30 Januari 2014, Kemdikbud akan melakukan seleksi administrasi terhadap semua calon Instruktur Nasional yang mendaftar. Pengumuman kelulusan seleksi administrasi akan dilakukan pada 31 Januari 2014. Pelatihan Instruktur Nasional akan berlangsung pada 3-7 Maret 2014, lalu dilanjutkan dengan pelatihan guru sasaran pada minggu ke-3 bulan Maret.

Anda berminat menjadi instruktur nasional kurikulum 2013 bisa daftar di sini

Sumber : FB Kememdikbud

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar anda