24 December 2013

Bagaimana Cara Mengisi Liburan Sekolah

Libur tlah tiba…. Libur tlah tiba… hore. Itulah sepenggal lagu anak-anak terkesan ceria yang menggambarkan keadaan akan tibanya libur sekolah. Sebentar lagi pelajar liburan sekolah setelah mengikuti semesteran untuk semester ganjil ini dan menghadapi Natal dan tahun baru 2014. Dan liburan merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu setelah sekian lama beraktifitas rutin sekolah. Namun setelah beberapa hari libur dan tidak ada kegiatan akhirnya timbul juga kebosanan.

Ada baiknya dalam menghadapi liburan sekolah, seorang siswa dan orang tua perlu merencanakan hal-hal apa yang akan dilakukan dalam mengisi liburan tersebut sehingga liburan menjadi bermakna dan tidak membosankan. Sebenarnya banyak kegiatan liburan yang positif yang bisa dilakukan baik itu aktifitas di rumah maupun di luar rumah. Jika mungkin buatlah jadwal rencana kegiatan liburan tersebut secara terperinci.

Berikut ini adalah hal-hal positif yang dapat dilakukan selama libur sekolah, antara lain :


1. Mengunjungi tempat-tempat wisata
Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi para pelajar, dan sebaiknya untuk mendapatkan manfaat lebih sebaiknya anda mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah maupun untuk menambah wawasan sejarah anda.

2. Kegiatan Outbond
Kegiatan ini sangat bagus karena merupakan kegiatan yang menyenangkan, karena di dalamnya terdapat konsep permainan yang bertujuan membangun kebersamaan, team building dan rasa percaya diri pada peserta.

3. Travelling
Mengunjungi kota lain selama liburan juga merupakan hal yang menyenangkan apalagi jika untuk mengunjungi rumah sanak keluarga yang jauh dan jarang bisa bertemu. Tentu ini akan dapat mempererat hubungan silaturahmi dengan keluarga yang jauh.

4. Menulis
Dengan adanya libur bagi anda yang mempunyai hobby menulis akan sangat bermanfaat, karena anda akan dapat fokus menggali inspirasi yang dapat dituangkan dalam bentuk tulisan anda.

5. Membaca
Mungkin anda tidak sempat membaca buku-buku bagus kepunyaan anda karena tidak ada waktu luang selama aktifitas sekolah. Maka liburan adalah waktu yang tepat untuk meluangkan waktu anda untuk membaca koleksi buku-buku anda tersebut.

6. Membereskan dan membersihkan lingkungan rumah
Mungkin anda tidak menyukai kegiatan yang ini, namun ada baiknya juga anda membantu orang tua ikut membersihkan lingkungan rumah anda seperti menyapu halaman, membersihkan rumput di halaman rumah, menata taman, atau bahkan mengecat rumah.

Dan tentunya banyak kegiatan lain yang dapat anda manfaatkan selama liburan sekolah ini….

2 comments:

  1. Pilih traveling..:D cuci mata sama kenalan orang2 baru.

    ReplyDelete
  2. Kalo buat gurunya boleh, tapi untuk siswa jangan dulu...hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentar anda