27 September 2013

Yuk Buat Presentasi Powerpoint

Memberikan materi pembelajaran di kelas saat ini seorang guru tidak semata-mata terampil dalam menjelaskan materi pembelajaran, akan tetapi juga dituntut terampil tentang pembelajaran berbasis ICT paling tidak dapat membuat presentasi media pembelajaran yang hendak disampaikan. Ini sangat diperlukan sehingga kegiatan pembelajaran tidak monoton.

Banyak cara yang bisa dilakukan guru untuk membuat kreasi media pembelajaran untuk menarik perhatian dan minat peserta didik  dalam kegiatan pembelajaran, mulai media pembelajaran yang sederhana hingga yang rumit di dalam pembuatannya. Berikut ini saya akan berbagi salah satu presentasi pembelajaran dalam bentuk powerpoint yang saya miliki yaitu tentang materi peluang.

24 September 2013

Tugas Program Linear Kelas XII IPA1

Berikut ini adalah soal-soal Matematika materi program linear yang dikemas dalam bentuk kuis yang berjumlah 10 soal pilihan ganda menggunakan software quiz creator dengan batas waktu penyelesaian 90 menit. Adapun bagaimana cara membuat quiz creator ini dapat anda lihat pada postingan saya cara membuat quiz creator secara online. Adapun tugas ini saya tujukan kepada siswa/i saya di SMA Negeri 1 Pagar Alam kelas XII IPA-1 tahun pelajaran 2013/2014.

Sebelum mengerjakan soal-soal ini sebaiknya anda baca terlebih dahulu petunjuk untuk mengerjakan soal ini. Adapun cara mengerjakan soal-soal tersebut adalah sebagai berikut :

1.  Klik Link Berikut Tugas Program Linear Kelas XII IPA1 dan tunggu loading hingga 100 %

2.  Entry email aktif dan user name anda pada kolom yang tersedia (nomor 1). User name tulis Nama lengkap_Kelas, Contoh : Sigit Winarso_XII IPA1(nomor 2). Beri tanda centang pada kalimat remember me (nomor 3) dan Klik start (nomor 4).

23 September 2013

Bermain Angka Dengan Kotak Ajaib

Mungkin  kalian pernah mendapatkan sebuah tebakan dengan pertanyaan “Ada bilangan yang terdiri dari angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Kemudian semua bilangan tersebut dimasukkan ke dalam kotak persegi yang terdiri dari sembilan kotak. Bagaimana cara menyusun bilangan-bilangan tersebut agar diperoleh hasil dari jumlah angka horisontal, jumlah angka vertikal, maupun jumlah diagonalnya memiliki nilai yang sama.” Pertanyaan ini saya dapatkan sewaktu saya masih berada di Sekolah Dasar kelas IV.

Pada prinsipnya tebakan ini dapat untuk melatih ketrampilan logika kita dan juga kemampuan aritmetika pada pembelajaran matematika. Oleh karena itu saya merekomendasikan tebakan ini sebagai pengantar dalam pembelajaran matematika atau tebakan yang lainnya untuk merangsang siswa agar lebih berminat dalam mempelajari matematika.

Kembali pada pertanyaan awal tadi bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah langkah dalam menjawab pertanyaan tersebut.

22 September 2013

Sejarah Asal Usul dan Perkembangan Matematika

Kata “matematika” berasal dari bahasa Yunani Kuno μάθημα (máthēma), yang berarti pengkajian, pembelajaran, ilmu, yang ruang lingkupnya menyempit, dan arti teknisnya menjadi “pengkajian matematika”, bahkan demikian juga pada zaman kuno. Kata sifatnya adalah μαθηματικός (mathēmatikós), berkaitan dengan pengkajian, atau tekun belajar, yang lebih jauhnya berarti matematis. Secara khusus, μαθηματικὴ τέχνη (mathēmatikḗ tékhnē), di dalam bahasa Latin ars mathematica, berarti seni matematika.

Bentuk jamak sering dipakai di dalam bahasa Inggris, seperti juga di dalam bahasa Perancis les mathématiques (dan jarang digunakan sebagai turunan bentuk tunggal la mathématique), merujuk pada bentuk jamak bahasa Latin yang cenderung netral mathematica (Cicero), berdasarkan bentuk jamak bahasa Yunani τα μαθηματικά (tamathēmatiká), yang dipakai Aristotle, yang terjemahan kasarnya berarti “segala hal yang matematis”. Tetapi, di dalam bahasa Inggris, kata benda mathematics mengambil bentuk tunggal bila dipakai sebagai kata kerja. Di dalam ragam percakapan, matematika kerap kali disingkat sebagai math di Amerika Utara dan maths di tempat lain.